Pusat Pelatihan Pendidikan Fakultas Hukum UII

You are here: Beranda arrow Sub Bidang Pendidikan arrow Kurikulum
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size


Kurikulum Print E-mail
Written by M. Nawawi   

 
Profil divisi Kurikulum Pusdiklat FH UII

       Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT)  Laboratorium Fakultas Hukum UII sebagai Lembaga Pendidikan dan Latihan di bidang hukum serta pengelola mata kuliah kemahiran hukum (MKKH) yang memiliki peranan dalam memberikan pendidikan dan keterampilan hukum bagi mahasiswa Fakultas Hukum dan masyarakat secara umum dalam kerangka pendidikan dan pengembangan pengetahuan hukum praktis agar mereka dapat berdaya saing tinggi di pasar kerja dan dapat menciptakan lapangan kerja.

       Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) merupakan lembaga di bawah Laboratorium, yang dipimpin oleh Kepala Pusat yang memiliki tanggungjawab untuk membuat kebijakan penyusunan dan pelaksanaan program kerja di bidang pendidikan kemahiran hukum dan pelatihan hukum bagi mahasiswa dan masyarakat, mengatur, mengelola dan mengembangkan Mata Kuliah Kemahiran Hukum (MKKH), melakukan kegiatan pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan (SAP) mata kuliah kemahiran hukum (MKKH), serta bertanggungjawab terhadap pengelolaaan dan pengembangan PUSDIKLAT. Dalam rangka merealisasikan tujuan dan arah pendidikan hukum, bidang kurikulum dalam satuan kerjanya mendesain salah satu kelompok mata kuliah yang diarahkan pada penguatan penguasaan praktis (skill) agar output dari FH UII memiliki kompetensi sesuai dengan program studinya. Fakultas Hukum UII sendiri dalam pengelolaan mata kuliah kemahiran hukum seperti diatas menjadi wewenang dan tanggung jawab Pusdiklat di bawah koordinasi bidang akademik serta secara operasional Kepala Pusdiklat dibantu oleh Kabid. Pendidikan dan Staff Kurikulum. Bidang ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan proses perkuliahan dan evaluasi perkuliahan. Mata Kuliah Kemahiran Hukum, baik dari segi materi, maupun dosen pengampu[1].


[1] www.pusdiklat-fh-uii.net

Konversi Mata Kuliah Kemahiran Hukum

Sebelum adanya konversi kurikulum 2008 yaitu berdasarkan kurikulum 2002, mata kuliah kemahiran hukum (MKKH) FH UII terdiri dari Kurikulum Inti dan Institusional. Kurikulum Intinya yaitu mata kuliah wajib yang meliputi Praktek Peradilan, Legal Drafting, Teknik Pembuatan Kontrak sedangkan Kurikulum Institusionalnya yaitu mata kuliah wajib yang meliputi Advokatur dan mata kuliah pilihan yang meliputi Kontrak Bisnis Internasional, Penyelesaian Sengketa Pajak, Penyelesaian Sengketa Utang Piutang, Penyelesaian Sengketa Pertanahan, Teknik Investigasi, dan Penyelesaian Sengketa Ketenagakerjaan. Setelah disahkannya Kurikulum 2008 beberapa mata kuliah MKKH mengalami konversi dan penambahan mata kuliah kemahiran hukum lainnya. Adapun konversi tersebut yaitu MKKH yang mengalami perubahan nama dan jumlah SKS di beberapa mata kuliah sebagai berikut:  

            SEBELUM KONVERSI                                 SESUDAH KONVERSI

No

Nama Mata Kuliah

Bobot sks

*

Nama Mata Kuliah

Bobot sks

1.

Praktik Peradilan

2

Praktik Peradilan

3

2.

Legal Drafting

2

Penyusunan Peraturan Perundang-undangan.

2

3.

Teknik Pembuatan Kontrak

2

Penyusunan Kontrak

2

4.

Advokatur

2

Keadvokatan/ Kewirausahaan

2

5.

Kontrak Bisnis Internasional

2

Penyusunan Kontrak Bisnis Internasional

2

6.

Penyelesaian Sengketa Pajak

2

Praktik Peradilan Pajak

2

7.

Penyelesaian Sengketa Utang Piutang

2

Praktik Negosiasi dan Mediasi

2

8.

Penyelesaian Sengketa Pertanahan

2

Pendaftaran dan Pengurusan hak-hak tanah

2

9.

Teknik Investigasi

2

Praktik Penyidikan dan Penuntutan

2

10.

Penyelesaian Sengketa Ketenagakerjaan

2

Praktik Peradilan Hubungan Industrial

 

Perubahan lainnya adalah prasyarat untuk mengambil kuliah Praktik Peradilan yaitu sebelum konversi hanya 2 sks dan prasyaratnya adalah lulus Hukum Acara Perdata atau Hukum Acara Pidana. Dalam hal ini prasyarat tersebut bersifat alternatif tetapi setelah konversi 2008, prasyaratnya bersifat kumulatif yaitu lulus Hukum Acara Perdata dan Hukum Acara Pidana. Sementara prasyarat MKKH lainnya tidak mengalami perubahan.

Selain perubahan yang disebutkan diatas, kurikulum Institusional 2008 FH UII menambahkan mata kuliah baru ke dalam kelompok mata kuliah kemahiran hukum (MKKH) yaitu ”Eksaminasi Publik”. Mata kuliah Eksaminasi Publik merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa.

Dalam memilih dan menentukan dosen Pengampu masing-masing MKKH, Pusdiklat selalu selektif untuk itu. Dosen-dosen Pengampu MKKH FH UII mempunyai background sebagai seorang praktisi/ ahli yang membidangi masing-masing MKKH yang bersangkutan sehingga mahasiswa benar-benar mendapatkan ilmu yang lebih bersifat praktis tanpa menyampingkan teori yang ada dan siap terjun ke dunia kerja nantinya. (Lise Yolanda,S.H./staff kurikulum)

 
 

KATALOG

BUKU KOMPUTER

Bidang Pusdiklat
Sub Bidang Pendidikan
Sub Bidang Pelatihan
Pelatihan Pusdiklat
Kurikulum-MKKH-FH-UII
Perpustakaan Mini
Careers
Kumpulan Bahan-Bahan Hukum
Download Center