Pusat Pelatihan Pendidikan Fakultas Hukum UII

You are here: Beranda
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size


JALAN TERJAL PENGUATAN PERLINDUNGAN SAKSI KORBAN
Written by M. Nawawi   
Wednesday, 28 May 2014
Sample Image
 Gambar 1. ilustrasi

Jalan terjal para saksi dan korban sebuah tindak pidana dalam upaya mendapatkan perlindungan dari negara kerap berliku. Saksi dan korban acapkali khawatir memberikan keterangan di tingkat penyidikan maupun di pengadilan. Boleh jadi, dampak dari keterangan yang diberikan berakibat fatal terhadap diri dan keluarganya. Oleh sebab itu dibutuhkan perlindungan terhadap saksi dan korban dalam membongkar sebuah perkara tindak pidana untuk memperoleh kebenaran dan keadilan.

Sebagai bagian dari sistem peradilan pidana, pengungkapan keterangan oleh saksi dan korban di tingkat penyidikan maupun persidangan amat diperlukan. Meski telah berlaku UU No. 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban (PSK), toh faktanya perlindungan yang diberikan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dinilai belum maksimal.

Salah satu penyebabnya adalah belum maksimalnya kewenangan LPSK, mulai dari perlindungan terhadap saksi pelapor (whistleblower) hingga saksi pelaku yang bekerjasama dengan penegak hukum (justice collabolator). Jika merujuk pada KUHAP, justice collabolator memberikan keterangan di persidangan. Hanya saja, mereka berstatus terdakwa dalam kasus yang sama. Lazimnya, biasa disebut sebagai saksi mahkota.

Jika merujuk pada Pasal 10 ayat (1) UU No.13 Tahun 2006 menyebutkan “Saksi, Korban, dan pelapor tidak dapat dituntut secara hukum baik pidana maupun perdata atas laporan, kesaksian yang akan, sedang, atau telah diberikannya”. Namun pada faktanya, saksi maupun whistleblower sebagai ‘peniup peluit’ kerap mendapat perlakuan yang kurang maksimal.

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan, banyaknya kasus tindak pidana yang tidak terungkap disebabkan saksi dan korban yang takut mengungkap peristiwa sebenarnya. Menurutnya, sejak diberlakukan UU No.13 Tahun 2006, LPSK kerap menemukan berbagai kendala signifikan dalam pemberian perlindungan terhadap saksi dan korban. Berbagai temuan di lapangan itulah yang mendorong segera dilakukan penyempurnaan terhadap UU tersebut.

Read more...
 
PPATK: Pengelolaan Dana Haji Banyak Menyimpang
Written by M. Nawawi   
Monday, 26 May 2014
Sample Image
Gambar. 1 Jamaah Haji

Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah mengirim Laporan Hasil Analisi (LHA) mengenai pengelolaan dana haji ke Komisi Pemberantasan Korupsi, sejak tahun lalu. Kasus ini bermula dari riset.

"Tahun lalu, ada riset Pengelolaan Dana Haji 2004-2012. Lalu, karena banyak penyimpangan, maka dilanjutkan ke pemeriksaan," kata Wakil Ketua PPATK Agus Santoso kepada VIVAnews, Senin 26 Mei 2014.

Selain itu, imbuhnya, PPATK juga mengirim LHA terkait oknum-oknum yang terkait dengan dugaan penyimpangan itu, termasuk Suryadharma Ali. "Ada beberapa oknum lain, baik dari pejabat Kemenag maupun oknum di DPR," jelas Agus. Terakhir, PPATK mengirim LHA, dua pekan lalu.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 46 - 50 of 272
 
daftar pelatihan ol
cek pendaftaran

Polls

Pelatihan apakah yang ingin anda ikuti dalam waktu terdekat di bulan Oktober nanti?
 

Pengumuman

Assalamualaikum..Salam hangat serta Selamat datang di Website PUSDIKLAT Fakultas Hukum UII.Web ini merupakan sarana yang cukup representatif bagi anda dalam mengakses segala hal guna mengetahui lebih dalam seluk beluk Pusdiklat Laboratorium FH UII serta berbagai fasiltas-fasilitas pelayanan yang disediakan. Apabila anda menemui kesulitan dalam mengakses salah satu content website kami, silahkan menghubungi kami baik melalui saluran telepon (0274-379178 ext.129) maupun email ( This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it )

Terimakasih. Staff Pengembangan (Lucky Omega Hasan,S.H)

 

Events Calendar

« < November 2017 > »
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2

Who's Online

KATALOG

BUKU KOMPUTER

Bidang Pusdiklat
Sub Bidang Pendidikan
Sub Bidang Pelatihan
Pelatihan Pusdiklat
Kurikulum-MKKH-FH-UII
Perpustakaan Mini
Careers
Kumpulan Bahan-Bahan Hukum
Download Center