Pusat Pelatihan Pendidikan Fakultas Hukum UII






Lost Password?
No account yet? Register
You are here: Beranda
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size


Ratu Atut Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini
Written by M. Nawawi   
Monday, 11 August 2014
Sample Image
Gambar 1. Ratu Atut (Gubernur Banten Non Aktif)

Gubernur Banten nonaktif, Ratu Atut Chosiyah, akan menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin 11 Agustus 2014. Atut merupakan terdakwa kasus dugaan suap dalam penanganan sengketa pilkada Kabupaten Lebak di Mahkamah Konstitusi.

Pengacara Atut, Tubagus Sukatma, berharap agar Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi mempertimbangkan fakta-fakta yang muncul di persidangan. Sukatma menilai bahwa pembuktian dakwaan jaksa jauh dari kenyataan di persidangan. "Sebagaimana fakta yang terungkap, klien kami hanya dicatut namanya oleh saksi Susi Tur Andayani dan Amir Hamzah untuk meminta bantuan kepada Tubagus Chaeri Wardana, dan bukan kawan berbuat untuk menyuap hakim Akil Mochtar," kata Sukatma dalam pesan singkat kepada wartawan.

Meski demikian, Sukatma mengatakan bahwa tuntutan itu sepenuhnya adalah kewenangan dari Jaksa. Dia juga sangat menyesalkan jika Jaksa menjatuhkan tuntutan maksimal kepada Atut.

"Klien kami akan berupaya untuk memperoleh hak keadilan yang selama ini sudah dirugikan dengan penempatannya sebagai tersangka/terdakwa," tutur Sukatma.

Read more...
 
Ingin Jadi Pihak Terkait, KAUD Berharap Terobosan MK
Written by M. Nawawi   
Friday, 08 August 2014
Sample Image
Gambar 1.  Todung Mulya Lubis bersama anggota KPUD.

Sejumlah advokat yang tergabung dalam Koalisi Advokat untuk Demokrasi (KAUD) secara resmi mengajukan diri sebagai Pihak Terkait dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden (PHPU), Kamis (7/8). Langkah KAUD ini merupakan bentuk dukungan dan pembelaan terhadap Joko Widodo-Jusuf Kalla yang telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2014.  

Salah seorang perwakilan KAUD, Todung Mulya Lubis mengatakan pihaknya memiliki kepentingan konstitusional atas PHPU yang diajukan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, karena para advokat KAUD telah menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014.

“Kami semua sepakat pilpres sudah dilaksanakan oleh KPU sesuai dengan perundang-undangan, profesional, tanpa manipulasi, bebas jujur dan adil. Mungkin, di sana sini ada persoalan, tetapi sama sekali tak menegasikan legitimasi pilpres yang sudah berlangsung,” papar Todung.

Todung mengatakan ada delapan juta lebih suara yang potensial dianggap tidak sah oleh pemohon PHPU, Prabowo-Hatta. Namun, menurut Todung, selisih jumlah suara sebesar itu mustahil berasal dari kecurangan sebagaimana diklaim pihak pemohon.

“Bagaimana membuktikan jika delapan juta suara lebih itu mengandung kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif. Kita tidak melihat itu, pilpres ini minim komplain terhadap pelanggaran,” katanya.

Todung menyadari bahwa Peraturan MK No. 4 Tahun 2014 tidak mengatur tentang Pihak Terkait selain pasangan capres dan cawapres. Namun, dia berharap sembilan hakim konstitusi berani melakukan terobosan seperti yang sebelumnya pernah dilakukan MK.  Todung menegaskan hak konstitusional warga negara tidak boleh dikurangi sedikitpun.    

“Dulu MK tidak bisa mengadili judicial review (uji materi) UU yang dibuat sebelum UU MK lahir. Tetapi, MK kan berani membuat terobosan agar setiap UU sebelum UU MK lahir itu bisa di-review temasuk KUHP,” katanya mencontohkan terobosan yang pernah dibuat MK.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 6 - 10 of 272
 
daftar pelatihan ol
cek pendaftaran

Polls

Pelatihan apakah yang ingin anda ikuti dalam waktu terdekat di bulan Oktober nanti?
 

Pengumuman

Assalamualaikum..Salam hangat serta Selamat datang di Website PUSDIKLAT Fakultas Hukum UII.Web ini merupakan sarana yang cukup representatif bagi anda dalam mengakses segala hal guna mengetahui lebih dalam seluk beluk Pusdiklat Laboratorium FH UII serta berbagai fasiltas-fasilitas pelayanan yang disediakan. Apabila anda menemui kesulitan dalam mengakses salah satu content website kami, silahkan menghubungi kami baik melalui saluran telepon (0274-379178 ext.129) maupun email ( This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it )

Terimakasih. Staff Pengembangan (Lucky Omega Hasan,S.H)

 

Events Calendar

« < September 2014 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Who's Online

We have 3 guests online

KATALOG

BUKU KOMPUTER

Bidang Pusdiklat
Sub Bidang Pendidikan
Sub Bidang Pelatihan
Pelatihan Pusdiklat
Kurikulum-MKKH-FH-UII
Perpustakaan Mini
Careers
Kumpulan Bahan-Bahan Hukum
Download Center