Pusat Pelatihan Pendidikan Fakultas Hukum UII

You are here: Beranda
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size


Lemahnya Bukti, Gugatan Sengketa Pileg Banyak Ditolak
Written by M. Nawawi   
Wednesday, 02 July 2014
Sample Image
Gambar 1. Ketua MK RI
 

Salah satu sebab ditolaknya sebagian besar permohonan perselisihan hasil pemilu legislatif lantaran umumnya alat bukti yang diajukan lemah. Selain itu, ketidaksiapan partai politik dan calon anggota DPD dalam menyusun strategi pembuktian disinyalir menjadi faktor ditolak permohonannya.   

“Kita melihat tidak banyak perkara yang dikabulkan MK, ini semata-mata karena soal pembuktian. Para pihak sulit mengajukan bukti-bukti yang benar-benar valid,” kata Hamdan dalam jumpa pers di Gedung MK, Selasa (1/7).

Hamdan mengatakan MK mengadili perkara berdasarkan fakta yang terungkap dalam persidangan dengan menilai bukti dokumen yang diajukan dan saksi-saksi yang didengar. “Tetapi karena para pihak sulit mengajukan bukti yang benar-benar absah, MK banyak menolak perkara dan hanya 23 perkara yang dikabulkan atau sekitar 2,3 persen dari 903 perkara yang masuk,” kata Hamdan.

Dia menyadari keluhan sejumlah kuasa hukum pemohon yang mempersoalkan pembatasan pengajuan saksi yang hanya 3 orang. Pihaknya juga sudah menghitung secara keseluruhan alokasi waktu penyelesaian sengketa hasil pileg termasuk pembatasan maksimal 3 saksi.


Read more...
 
KPK Akan "Kawal" Vonis Akil Mochtar sampai Berkekuatan Hukum Tetap
Written by M. Nawawi   
Tuesday, 01 July 2014
Sample Image
Gambar 1. Akil Mochtar
 

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto mengatakan, KPK akan memastikan vonis seumur hidup yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar mendapatkan kekuatan hukum tetap. Bila ada upaya hukum dilakukan Akil, KPK akan mengawal putusan itu hingga ke tingkat kasasi Mahkamah Agung.

"KPK akan memastikan bahwa semua putusan yang sudah diputus di PN (pengadilan negeri) dikuatkan di tingkat MA (Mahkamah Agung)" kata Bambang melalui pesan singkat, Selasa (31/6/2014). Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menilai putusan hakim PN Tipikor yang menangani perkara Akil ini bisa menjadi pesan bagi penegak hukum agar menjaga integritasnya.

Busyro juga mengatakan vonis seumur hidup kepada Akil tersebut diharapkan menjadi peringatan bagi semua pihak untuk menghindari praktik suap-menyuap, terutama yang berkaitan dengan pemilu kepala daerah.

             Menurut Busyro,
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 21 - 25 of 272
 
daftar pelatihan ol
cek pendaftaran

Polls

Pelatihan apakah yang ingin anda ikuti dalam waktu terdekat di bulan Oktober nanti?
 

Pengumuman

Assalamualaikum..Salam hangat serta Selamat datang di Website PUSDIKLAT Fakultas Hukum UII.Web ini merupakan sarana yang cukup representatif bagi anda dalam mengakses segala hal guna mengetahui lebih dalam seluk beluk Pusdiklat Laboratorium FH UII serta berbagai fasiltas-fasilitas pelayanan yang disediakan. Apabila anda menemui kesulitan dalam mengakses salah satu content website kami, silahkan menghubungi kami baik melalui saluran telepon (0274-379178 ext.129) maupun email ( This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it )

Terimakasih. Staff Pengembangan (Lucky Omega Hasan,S.H)

 

Events Calendar

« < November 2017 > »
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2

Who's Online

KATALOG

BUKU KOMPUTER

Bidang Pusdiklat
Sub Bidang Pendidikan
Sub Bidang Pelatihan
Pelatihan Pusdiklat
Kurikulum-MKKH-FH-UII
Perpustakaan Mini
Careers
Kumpulan Bahan-Bahan Hukum
Download Center