Pusat Pelatihan Pendidikan Fakultas Hukum UII

You are here: Beranda arrow Sub Bidang Pendidikan
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size


Sub Bidang Pendidikan
Dokumentasi Print E-mail
Written by M. Nawawi   
Tuesday, 23 September 2008

 PROFIL DIVISI DOKUMENTASI PUSDIKLAT FH UII

Staff Dokumentasi yang diampu oleh (Aditya Maulana Syahputra) merupakan sub dari bidang pendidikan dalam ruang lingkup Laboratorium Pusdiklat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang mendukung sepenuhnya kinerja  bidang pendidikan yang dipimpin oleh (Eko Rial Nugroho,S.H) serta bertanggungjawab langsung terhadap Kapusdiklat (Nurjihad,S.H.,M.H). dalam upaya menukung kinerja dari  bidang pendidikan, maka ruang lingkup kenerja staff dokumentasi antara lain sebagai berikut :

 

A.    Pendataan arsip dimulai dari pendataan  buku-buku perpustakaan Pusdiklat FH UII yang kemudian disusun sesuia dengan kode buku.

 

B.    Setelah pendataan buku-buku selesai, diteruskan pada pendataan dan pendokumentasian berkas-berkas pelatihan yang terdiri Dari :

 

 

1.      Modul pelatihan, baik yang softcopi maupun yang hardcopy.

 

2.      Soal-soal pelatihan, baik yang softcopi maupun hardcopy.

 

3.      Rekes-rekes pelatihan, baik yang sofcopi maupun hardcopy.

 

4.      Makalah-makalah yang terkait dengan pelatihan, baik yang softcopi maupun yang hardcopy

 

5.      Surat-surat masuk dan keluar, baik yang soft copy maupun Hardcopy.

 

6.      Manual acara, baik yang sofcopi maupun hardcopy

 

7.      Biodata peserta pelatihan, baik yang softcopi maupun hardcopy.

 

8.      Absensi peserta pelatihan.

 

9.      Foto-foto pelatihan

 

10.  Laporan kegiatan pelatihan

 

11.  Laporan keuangan pelatihan

 

12.  Laporan keuangan program

 

C.   Kemudian berkas-berkas tersebut di atas di jiilid sesuai dengan pelatihan masing-masing kecuali modul pelatihan dipisahkan tersendiri sesuia dengan pelatihannya.

 

 

 

 
Diskusi dan Kajian Print E-mail
Written by M. Nawawi   
Tuesday, 23 September 2008

Diskusi dan Kajian merupakan sub dari Pusdiklat Laboratorium fakultas Hukum UII yang ruang lingkup kerjanya bertanggungjawab langsung kepada Kabid Pendidikan serta Kepala Pusdiklat. Dalam menjalankan fungsinya sebgai bagian dari kinerja Bidang Pendidikan, Divisi Diskusi dan kajian mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan informasi serta menjawab segala permasalahan-permasalahan hukum yang nantinya dituangkan dalam bentuk majalah hukum yang dinamakan Warta Hukum. Warta Hukum ini nantinya akan terbit  2 bulan sekali serta secara substansi akan membahas segala permasalahan hukum dalam bentuk analisis ataupun dalam bentuk deskripsi yang bersifat memaparkan informasi yang terkait perkuliahan Mata kuliah Kemahiran Hukum. Selain itu, divisi diskusi dan kajian juga mempunyai peranan penting dalam menciptakan program diskusi baik yang bersifat panel ataupun yang bersifat diskusi publik, Adapun rincian kinerja Diskusi dan Kajian secara jelasnya antara lain sebagai berikut :

Mengadakan Diskusi

  1. Mengidentifikasi masalah yang akan diangkat sebagi tema diskusi (kerjasama dengan bidang pengmbangan dan pelatihan);
  2. Membentuk panitia pelaksana untuk merealisasikan acara diskusi tersebut (staff diskusi secara mutatis mutandis sebgai ketua panitia);
  3. Koordinasi dengan kepala Bidang dan Kapusdiklat untuk menentukan tema dan nama-nama pemateri yang akan mengisi diskusi tersebut;
  4. Menghubungui pemateri yang akan mengisi dan sekaligus memberikan surat permohonan (formal) kepada pemateri tersebut;
  5. Bertanggungjawab atas pelaksanaan diskusi dan kajian tersebut;
  6. Memberikan laporan pertanggungjawaban pasca diskusi;

 

   Pembuatan warta Hukum atau Buletin Hukum;

  1. Menentukan masalah yang akan diangkat sebgai tema dalam warta hukum atau buletin hukum;
  2. Menginventarisir tulisan-tulisan yang masuk ke redaksi Warta Hukum atau Buletin Hukum;
  3. Koordinasi dengan Kepala Bidang dan Kapusdiklat dan staf lainnya mengenai tulisan-tulisan hukum yang sudah masuk ke redaksi warta hukum atau buletin hukum untuk kemudian dilakukan pengeditan oleh redaksi warta hukum atau buletin hukum  yang akan dicetak;
  4. Mencetak tulisan-tulisan tersebut ke percetakan;
  5. Mendistribusikan warta hukum atau buletin hukum tersebut ke seluruh civitas akademika FH UII;

 

 
Kurikulum Print E-mail
Written by M. Nawawi   
Tuesday, 23 September 2008

 
Profil divisi Kurikulum Pusdiklat FH UII

       Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT)  Laboratorium Fakultas Hukum UII sebagai Lembaga Pendidikan dan Latihan di bidang hukum serta pengelola mata kuliah kemahiran hukum (MKKH) yang memiliki peranan dalam memberikan pendidikan dan keterampilan hukum bagi mahasiswa Fakultas Hukum dan masyarakat secara umum dalam kerangka pendidikan dan pengembangan pengetahuan hukum praktis agar mereka dapat berdaya saing tinggi di pasar kerja dan dapat menciptakan lapangan kerja.

       Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) merupakan lembaga di bawah Laboratorium, yang dipimpin oleh Kepala Pusat yang memiliki tanggungjawab untuk membuat kebijakan penyusunan dan pelaksanaan program kerja di bidang pendidikan kemahiran hukum dan pelatihan hukum bagi mahasiswa dan masyarakat, mengatur, mengelola dan mengembangkan Mata Kuliah Kemahiran Hukum (MKKH), melakukan kegiatan pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan (SAP) mata kuliah kemahiran hukum (MKKH), serta bertanggungjawab terhadap pengelolaaan dan pengembangan PUSDIKLAT. Dalam rangka merealisasikan tujuan dan arah pendidikan hukum, bidang kurikulum dalam satuan kerjanya mendesain salah satu kelompok mata kuliah yang diarahkan pada penguatan penguasaan praktis (skill) agar output dari FH UII memiliki kompetensi sesuai dengan program studinya. Fakultas Hukum UII sendiri dalam pengelolaan mata kuliah kemahiran hukum seperti diatas menjadi wewenang dan tanggung jawab Pusdiklat di bawah koordinasi bidang akademik serta secara operasional Kepala Pusdiklat dibantu oleh Kabid. Pendidikan dan Staff Kurikulum. Bidang ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan proses perkuliahan dan evaluasi perkuliahan. Mata Kuliah Kemahiran Hukum, baik dari segi materi, maupun dosen pengampu[1].


[1] www.pusdiklat-fh-uii.net

Read more...
 
 

KATALOG

BUKU KOMPUTER

Bidang Pusdiklat
Sub Bidang Pendidikan
Sub Bidang Pelatihan
Pelatihan Pusdiklat
Kurikulum-MKKH-FH-UII
Perpustakaan Mini
Careers
Kumpulan Bahan-Bahan Hukum
Download Center